Sahabat Indonesia Smart pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jalur masuk perguruan tinggi negeri selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yaitu Seleksi Mandiri.

Seleksi mandiri adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan dan dikelola oleh masing masing perguruan tinggi. Jadi masing masing perguruan tinggi yang melakukan seleksi mandiri menyelenggarakan seleksi sesuai keputusan masing masing perguruan tinggi, hal ini berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang penyelenggaraanya diatur serta dikelola dibawah naungan KEMENRISTEKDIKTI. Oleh karena itu sistem seleksi, mekanisme dan tata cara seleksi mandiri dari masing masing perguruan tinggi berbeda beda. Apabila kamu ingin masuk perguruan tinggi melalui jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh masing masing perguruan tinggi, kamu harus lebih jeli dan memperhatikan tata cara serta ketetentuan dari masing masing jenis seleksi. Pada masing masing perguruan tinggi seleksi mandiri bisa lebih dari satu jenis, ini karena setiap jalur seleksi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi memiliki ketentuan dan tata caranya pada setiap jenis jalur seleksi.

Jenis jenis jalur seleksi mandiri diantaranya,
– Ujian Tulis/Mandiri
Ujian tulis/mandiri adalah jalur masuk perguruan tinggi yang dilenggarakan oleh masing masing perguruan tinggi dengan menggunakan mekanisme ujian/tes. Contoh dari seleksi mandiri dengan mekanisme ujian tulis/mandiri diantaranya, UTUL (UGM), SIMAK UI (UI), UTMI (IPB) dll.
– Seleksi Raport/Prestasi
Seleksi raport/Prestasi adalah jalur masuk perguruan tinggi yang dilenggarakan oleh masing masing perguruan tinggi dengan menggunakan mekanisme seleksi rapot atau prestasi. Contoh dari seleksi mandiri dengan mekanisme seleksi rapot atau prestasi diantaranya, PPKB – Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (UI), PBUTM – Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (UGM), Jalur Prestasi (UNNES dll.
– Program Kemitraan/Kerjasama
Program Kemitraan/Kerjasama adalah jalur masuk perguruan tinggi yang dilenggarakan oleh perguruan tinggi diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK-sejenis utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprop/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan perguruan tinggi tersebut. Contoh dari seleksi mandiri dengan program kemitraan/kerjasama adalah Program Kemitraan (ITS), KSDI – Kerja Sama Daerah dan Industri (UI).

Itulah penjelasan dari seleksi mandiri beserta jenis jenis seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Untuk info lebih detil mengenai seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh masing masing perguruan tinggi kamu dapat mempelajarinya melalui situs remsi masing masing perguruan tinggi.

Leave a Comment