Hai Sahabat Indonesia Smart, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa di Indonesia ada beberapa jenis perguruan tinggi. Pada artikel sebelumnya kita membahas jenis jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia bedasarkan rumpun ilmu dan sistem pendidikanya, jika kamu belum membacanya kamu dapat membacanya di sini “5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia”. Sahabat Indonesia Smart pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis perguruan tinggi bedasarkan pengelolanya.

Perguruan tinggi yang ada di Indonesia dikelola oleh beberapa pihak. Pihak pihak pengelola perguruan tinggi yang ada di Indonesia secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua pihak yaitu, pemerintah dan swasta. Berikut adalah jenis jenis perguruan tinggi bedasarkan pihak pengelolanya.

 

Perguruan Tinggi Negeri (PTN)


Seperti namanya perguruan tingggi negeri merupakan perguruan tinggi yang dikelola langsung oleh pemerintah. Perguruan tinggi negeri dikelola oleh pemerintah dibawah naungan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang sering disebut dengan KEMENRISTEKDIKTI. Contoh perguruan tinggi negeri seperti, UI, UNJ, ITB, IPB, UGM, UNDIP, UNY dll.

 

Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN)


Perguruan tinggi islam negeri adalah perguruan tinggi yang dikelola langsung oleh pemerintah dibawah naungan Kementrian Agama. Perguruan tinggi islam yang ada di Indonesia dikategorikan menajadi tiga jenis yaitu, Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Perguruan tinggi islam negeri di Indonesia saat ini berjumlah 58 yang terdiri dari 17 UIN, 34 IAIN, dan 7 STAIN. Contoh perguruan tinggi islam adalah UIN Raden Fatah, UIN Imam Bonjol, UIN Syarif Hidayatullah, IAIN Bukittinggi, IAIN Metro, STAIN Bengkalis, STAIN Mandailing Natal dll.

 

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)


Perguruan tinggi kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh kementrian tertentu selain dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementrian Agama. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang perguruan tinggi kedinasaan karena memang perguruan tinggi kedinasan tidak sepopuler PTN maupun PTIN. Adapaun contoh dari perguruan tinggi kedinasaan yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri, Politeknik Keuangan Negara STAN dibawah naungan Kementerian Keuangan, Sekolah Tinggi Multi Media (Multi Media Training Centre/MMTC) di Yogyakarta dibawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Akademi Teknik Industri Makassar dibawah naungan Kementerian Perindustrian dll.

 

Perguruan Tinggi Swasta (PTS)


Perguruan tinggi swasta merupakan perguruan tinggi yang didirikan dan atau diselenggarakan oleh masyarakat dengan membentuk badan penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba seperti yayasan. Dengan kata lain perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang tidak didirikan oleh pemerintah ataupun negara. Bentuk perguruan tinggi swasta dapat berupa Universitas, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut maupun Akademi. Contoh perguruan tinggi swasta yaitu, Universitas Islam Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Sanata Dharma, Universitas Paramadina, Universitas Telkom, Universitas Bakrie dll.

Demikian jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia bedasarkan pengelolanya. Semoga dapat menambah wawasan serta dapat bermanfaat bagi sahabat Indonesia Smart.
Silahkan share keteman temanmu, agar mereka juga mendapatkan manfaatnya ya..

Leave a Comment