Melanjutkan studi diperguruan tinggi negeri merupakan impian hampir semua siswa siswi di Indonesia, tentunya termasuk sahabat Indonesia Smart. Banyak faktor kenapa lebih memilih untuk kuliah diperguruan tinggi negeri seperti, kualitas pengajar serta sistem pengajaran yang bagus, biaya pendidikan yang terjangkau, lingkungan kampus yang nyaman untuk belajar serta beragam fasilitas sebagai penunjang kegiatan belajar juga menjadi daya tarik. Tentu saja masuk perguruan tinggi negeri tidaklah mudah, kamu harus siap bersaing dengan teman temanmu yang juga ingin kuliah di perguruan tinggi negeri.
.
Setidaknya setiap tahunnya siswa siswi yang ingin masuk perguraun tinggi meningkat, seperti data pada tahun 2017 lalu dimana pada salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yaitu SBMPTN mengalami peningkatan jumlah pendaftar sebanyak 76.412. Total pendaftar SBMPTN 2017 sebanyak 797.738 sedangkan tahun 2016 sebanyak 721.326. Terbayang bukan berapa banyak pesaingmu yang sama sama manginginkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Meskipun persaingan untuk masuk PTN begitu ketat bukan berarti itu suatu hal yang musatahil untuk kamu wujudkan. Setidaknya kamu harus lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk PTN, salah satu hal yang harus kamu persiapkan adalah mengetahui dan memahami seleksi apa saja yang tersedia untuk masuk perguruan tinggi negeri serta bagaimana aturan dan tata cara masing masing seleksi tersebut.
.
Jumlah pendaftar diatas baru dari satu jalur masuk perguruan tinggi negeri, sedangkan di Indonesia ada tiga jalur masuk perguruan tinggi negeri. Tiga jalur masuk perguruan tinggi tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Leave a Comment